Penyebab Penyakit Liver Kronis

Penyebab Penyakit Liver Kronis

Penyebab Penyakit Liver KKronis

Penyakit liver adalah suatu jenis penyakit yang banyak kita jumpai. Dengan kondisi perut yang buncit, lemah dan sering muntah darah. Hingga tidak sedikit orang yang menganggap penyakit ini adalah penyakit guna-guna. Untuk membenarkan anggapan tersebut, berikut kami akan menjelaskan secara detail tentang penyakit liver.

Liver adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Karena organ yang satu ini mempunyai fungsi sebagai sistem yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, organ liver juga dapat memilih dan menyimpan vitamin tertentu dalam sistem pencernaan, mengontrol kolesterol dan metabolisme lemak, serta mengatur hormon dalam tubuh. Sehingga pada saat organ liver dalam tubuh seseorang mengalami gangguan harus segera diatasi.

Salah satu gangguan yang terjadi pada organ liver adalah penyakit liver. Penyakit liver ini merupakan suatu kondisi dimana fungsi organ liver mengalami prnurunan karena adanya virus.  Gangguan liver seperti penyakit liver ini sudah masuk ke dalam kategori yang cukup parah bahkan tidak jarang menyebabkan kematian. Sehingga sudah saatnya kita lebih mengenal penyakit liver, agar bisa lebih waspada.

 

Penyebab Penyakit Liver Kronis

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya penyakit liver. Pertama, penyakit liver bisa disebabkan kerena terjadinya peradangan pada organ liver, dan menyebabkan fungsi liver menurun. Selain itu, penyakit liver juga bisa terjadi karena riwayat penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab penyakit liver kronis :

 

  1. Penyakit hepatitis

Salah satu hal yang menjadi penyebab penyakit liver kronis adalah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus. Infeksi virus ini disebut juga dengan penyakit hepatitis. Pada saat penderita hepatitis sudah benar-benar parah maka virus akan semakin berkembang dan akan merusak organ liver. Karena virus sudah masuk ke dalam liver dan fungsi liver sudah menurun maka hal ini akan menyebabkan penyakit liver.

 

  1. Minuman beralkohol

Penyakit liver juga bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena zat-zat berbahaya yang ada dalam minuman beralkohol lama kelamaan akan merusak organ liver. Bukan hanya alkohol, penggunaan obat-obatan berbahan kimia juga bisa menjadi penyebab penyakit liver kronis.

 

  1. Penyakit Malaria

Pada saat seseorang terkena infeksi virus dari nyamuk malaria juga mempunyai penyebab penyakit liver kronis. Karena, jika kondisi infeksi terus-menerus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan yang parah pada organ liver. Sehingga sangat perlu untuk segera melakukan pengobatan jika terkena infeksi malaria.

 

  1. Kurang Asupan Nutrisi

Organ liver membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Pada saat organ liver pengalami kekurangan nutrisi maka bisa menyebabkan penurunan fungsi liver. Sehingga penyebab penyakit liver kronis karena pola makan yang tidak baik dan kurangnya asupan makanan yang bernutrisi.

 

  1. Gaya hidup yang buruk

Kebiasaan buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit mudah hinggap pada tubuh. Begitupun pada penderita liver, jika seseorang mempunyai gaya hidup yang buruk salah satu contohnya adalah merokok, minum alkohol dan bersoda, mengkonsumsi makanan cepat saji, serta banyak konsumsi makanan mengandung pengawet. Menjadi salah satu faktor penyebab penyakit liver kronis mudah datang.

 

Tips Mengatasi Penyakit Liver

Untuk megatasi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang lebih parah tentu harus segera mengambil tindakan pengobatan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan cara-cara alami seperti berikut :

  • Menjaga kebersihan, seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu agar terhindar dari virus yang menempel pada tangan.
  • Perbanyak konsumsi air mineral setidaknya 8-10 gelas dalam satu hari yang setara dengan 1,5-2 liter.
  • Menghindari konsumsi makanan yang mempunyai banyak kandungan lemak jenuh dan mengandung bahan kimia yang berbahaya seperto pengawet, pewarna atau pemanis buatan.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung gizi, zat besi, mineral, magnesium, vitamin serta sumber nutrisi lain.
  • Menerapkan pola makan yang baik dengan menyeimbangkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh
  • Melakukan olahraga secara teratur disesuaikan dengan kemampuan fisik yang dimiliki
  • Sering melakukan kosultasi dan pemeriksaan untuk mengontrol kondisi tubuh

 

 

Penyebab Penyakit Liver Kronis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*