Penyebab Sakit Liver Dan Gejalanya

Penyebab Sakit Liver Dan Gejalanya

 

Penyebab Sakit Liver Dan GejalanyaPenyebab Sakit Liver – Liver atau hati merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting, organ hati berada dibawah diafragma. Organ hati atau liver juga rentan dengan gangguan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Organ liver atau hati yang terletak di dalam tubuh memiliki peranan penting salah satunya sebagai organ tubuh untuk menetralkan racun dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu fungsi liver atau hati juga berperan sebagai alat ekskresi, membantu kinerja dan fungsi ginjal, menghasilkan amonia, menghasilkan urea, asam urat, memanfaatkan nitrogen dari asam amino dsb. Penyakit hati atau liver sering juga disebut penyakit kuning.

Penyebab Sakit Liver Apa Saja ?

Banyak faktor penyebab sakit liver. Berikut ini akan kami bahas beberapa penyebab sakit liver yang perlu anda ketahui. Beberapa penyebab sakit liver tersebut, yaitu :

Faktor lingkungan.

Faktor lingkungan yang terdiri dari kebersihan akan diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal yang dirasa kurang nyaman, kurang bersih dan sebagainya menjadi salah satu penyebab sakit liver. Misalnya dari kurangnya perhatian terhadap kebersihan akan makanan, kebersihan tubuh dsb. Segala macam virus, bakteri, dan jamur mudah sekali masuk ke dalam makanan.

Faktor Psikologis.

Faktor psikologis atau psikis seperti stress, depresi juga menjadi faktor penyebab sakit liver. Misalnya ketika mengalami suatu masalah kemudian berakibat pada kondisi fisik yang semakin menurun memudahkan penyakit datang dan hinggap pada diri kita.

Kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk juga menjadi salah satu penyebab sakit liver utama seperti merokok, minuman bersoda, makanan cepat saji, Minum obat berlebihan, Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis, Minum alkohol berlebihan, Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang, makanan yang banyak mengandung pengawet, bahan pewarna makanan kimia dsb. Jelas menjadi faktor utama yang penyakit mudah datang. Akibat dari kebiasaan buruk ini memicu datangnya penyalkit, seperti diabetes mellitus, stroke, serangan jantung, obesitas, penyakit gangguan fungsi hati atau liver dsb.

Gejala Penyakit Liver

Untuk mengetahui penyakit hati liver ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui diantaranya perut lebih buncit karena ada pembengkakan dalam perut dan mengakibatkan rasa sakit ketika bernapas. Kulit terlihat kekuning-kuningan, itulah sebabnya sering disebut dengan penyakit kuning. Buang air kecil terlalu sering. Sering buang air kecil dan warnanya kuning gelap. Tidak teratur saat buang air dan haus berlebihan. Berat badan turun drastis karena kekurangan protein dan nafsu makan berkurang. Mudah sakit kepala, lemah, lesu, depresi, dan kejang. Bau badan dan mulut berlebihan.

Jika tanda-tanda sakit liver di atas Anda rasakan harus menangani dengan tepat. Segera konsultasikan pada dokter dan periksakan parah atau tidak penyakit yang Anda derita. Perlu mendapat perhatian yaitu setiap perubahan pada bagian tubuh Anda, jika ada kejanggalan maka konsultasikan pada dokter. Selain itu harus didukung dengan pola makan yang diubah sehingga gaya hidup menjadi lebih sehat.

Penyebab penyakit liver pada umunya adalah virus, bahan-bahan beracun,bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab penyakit liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab sakit liver.

Sekian beberapa informasi mengenai penyebab sakit liver dan gejalanya yang dapat kami berikan. Semoga informasi mengenai penyebab sakit liver dan gejalanya diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Penyebab Sakit Liver Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*