Sakit Liver Adalah

Sakit Liver Adalah

Sakit Liver – Liver atau hati adalah organ terbesar dalam tubuh padat dan juga dianggap kelenjar karena di antara banyak fungsi, itu membuat dan mengeluarkan empedu. Liver ini terletak di bagian kanan atas perut dilindungi oleh tulang rusuk. Penyakit liver adalah setiap gangguan fungsi liver yang menyebabkan penyakit. Liver bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi kritis dalam tubuh, hilangnya fungsi-fungsi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh.

Liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, tetapi jika sel-sel cukup hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Sakit liver merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Sakit liver dapat disebabkan oleh virus, yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola makan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam obat, seperti antibiotika, parasetamol, arsenal, dan obat-obatan lainnya yang mengandung zat kimia.

Cara terbaik dalam mencegah dan menghindari resiko sakit liver adalah kita sebagai orang awam harus memahami tanda gejala awal ciri ciri sakit liver dan berbagai solusi pencegahan atau pengobatan alami yang bebas efek samping, hal ini berpengaruh besar sekali agar kita terhindar dari bahaya penyakit liver.

Sakit Liver adalah

Sakit Liver adalah

GEJALA SAKIT LIVER

Gejala klasik dari sakit liver diantaranya:

  • mual
  • muntah
  • kuadran kanan atas perut sakit
  • jaundice (perubahan warna kuning pada kulit karena konsentrasi bilirubin tinggi dalam aliran darah).
  • Kelelahan, kelemahan dan penurunan berat badan juga mungkin terjadi.

Namun, karena ada berbagai sakit liver, gejala cenderung spesifik untuk penyakit yang sampai stadium akhir penyakit liver dan gagal liver terjadi.

CARA MENCEGAH TERJADINYA SAKIT LIVER

Ada beberapa cara untuk dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan hati atau liver. Salah satu cara terpenting untuk tetap menjaga kesehatan hati adalah dengan mengurangi kecenderungan asupan racun dan bahan kimia lainnya dari dalam tubuh, terutama alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang disebut hepatitis alkoholik, yang akhirnya dapat menyebabkan sirosis.

Makanan yang digoreng dengan kadar lemak tinggi juga dapat merusak hati. Lemak tinggi terhidrogenasi dari bahan kimia dalam makanan olahan, yang dapat memaksa hati untuk bekerja jauh lebih berat. Makan berlebihan juga menjadi penyebab umum dari kerusakan hati, karena hal ini dapat membuat hati bekerja ekstra dalam menjalankan fungsinya. Beban kerja yang berlebihan pada hati dapat menyebabkan hati tidak dapat mendetoksifikasi zat berbahaya dengan baik.

PENGOBATAN BAGI PENDERITA SAKIT LIVER

Setiap penyakit liver akan memiliki cara pengobatan sendiri yang spesifik. Sebagai contoh, hepatitis A memerlukan perawatan suportif untuk mempertahankan hidrasi sementara perkelahian sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi. Pasien dengan batu empedu mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kantong empedu. Penyakit lain mungkin perlu jangka panjang perawatan medis untuk mengontrol dan meminimalkan konsekuensi dari penyakit mereka

Pada pasien dengan sirosis dan stadium akhir sakit liver, pengobatan mungkin diperlukan untuk mengontrol jumlah protein diserap dalam makanan.Pada pasien dengan jumlah besar cairan asites (cairan terakumulasi di rongga perut), cairan berlebih mungkin harus sesekali dihapus dengan jarum suntik (paracentesis).Operasi mungkin diperlukan untuk mengobati hipertensi portal dan meminimalkan risiko perdarahan.Transplantasi liver adalah pilihan terakhir bagi pasien yang telah gagal liver.

Sakit Liver Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*