Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

Sakit Liver –Penyakit liver atau penyakit kuning adalah sebuah penyakit yang menyerang hati, sebuah organ padat terbesar dari tubuh anda. Sakit liver mempunyai berbagai macam jenis diantaranya adalah sirosis, hepatitis, dan penyakit fatty liver. Penyakit liver, terutama jenis Hepatitis A umumnya bisa sembuh sendiri tanpa pemberian obat. Hanya diperlukan istirahat yang cukup. Lain halnya dengan Hepatitis B dan C yang memerlukan penanganan yang serius untuk bisa sembuh.

Begitu banyak faktor atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning. Masing-masing dari faktor atau kondisi tersebut membutuhkan langkah untuk mencegah penyakit liver yang berbeda pula. Meski demikian, ada beberapa garis besar mencegah penyakit liver guna meminimalisasi risiko kita terkena penyakit kuning.

Penyebab sakit liver karena adanya gangguan pada pencernaan. Gejalanya mungkin berupa sakit kuning (ikterus) dimana kulit dan putih mata menjadi kuning, karena adanya bilirubin yang berlebihan dalam plasma darah. Bilirubin merupakan zat warna yang diproduksi hati ketika sel-sel darah merah yang rusak diolah, dan biasanya bercampur dengan air empedu yang disimpan kantung empedu dan masuk ke dalam usus dan darah menyebabkan warna kulit dan putih mata menjadi kuning.

Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

Hal yang harus diwaspadai oleh penderita sakit liver adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Bagi penderita sakit liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makanan dengan sistem uap atau penguapan sangat baik utuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor. Kenapa demikian sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhidar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik.

Dalam dunia kedokteran modern maupun tradisional pun banyak menemukan solusi-solusi baru untuk menghadapi dan mengatasi penyakit liver ini.Salahsatu pengobatan herbal untuk sakit liver yang bisa diandalkan adalah Obat penyakit liver herbal S Lutena (Super Lutein). Menyembuhkan sakit liver dengan obat herbal S-Lutena adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengobati penyakit liver. Hal ini karena obat penyakit liver herbal S Lutena terbuat dari bahan herbal berkulitas tinggi yang terbukti mampu mengobati berbagai penyakit salah satunya penyakit liver.

Cara Pencegahan Sakit Liver

Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

Walaupun penyakit liver termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, tetapi sakit liver masih bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan liver :

  • Pencegahan liver yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
  • Pencegahan liver yang kedua adalah menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
  • Pencegahan liver yang ketiga adalah menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
  • Pencegahan liver selanjutnya adalah melakukan hubungan intim yang aman
  • Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
  • Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional.
  • Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
  • Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat.
  • Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis A
  • Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.

Itulah beberapa informasi mengenai sakit liver, penyebabnya, dan juga cara mencegahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sakit Liver Dan Cara Mencegahnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*