Sakit Liver Dan Cara Mengobatinya

Sakit Liver Dan Cara Mengobatinya

 

Sakit Liver Dan Cara MengobatinyaSakit LiverSakit liver merupakan penyakit hati menahun yakni berupa peradangan hati yang disebabkan oleh virus, jamur liver, dan bakteri yang meracuni liver seseorang. Penderita liver atau hepatitis kebanyakan menyerang masyarakat terutama golongan bawah meskipun tidak menutup kemungkinan kelas orang kayapun juga banyak yang terserang penyakit ini.

Penyebab penyakit yang satu ini ada beberapa. Pertama, penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena sakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati.

Semua faktor penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Gejala Sakit Liver

Gejala sakit liver yang umum dikenal adalah adanya perubahan warna selaput mata yang menjadi kuning, sehingga liver terkadang juga dikenal dengan nama penyakit kuning. Secara umum gejala sakit liver adalah sebagai berikut :

  • Warna kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning.
  • Warna urine berubah menjadi berwarna coklat.
  • Mudah kehilangan selera makan dan sering merasa mual-mual.
  • Sangat mudah merasa kelelahan, badan sering merasa kelelahan dan tidak bersemangat.
  • Berat badan mengalami penurunan yang cukup drastic.
  • Kadar gula dalam tubuh juga rendah.
  • Perut bagian kanan atas sering terasa nyeri.
  • Mengalami pegal-pegal,otot terasa sakit dan demam walaupun ringan.
  • Sering buang air besar (diare).
  • Gairah seks menurun.

Selain semua gejala diatas, biasanya juga ada rasa tidak enak di perut bagian kanan atas dan terasa nyeri kalau ditekan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua penyakit liver akan menyebabkan gejala kuning pada kulit dan bagian putih pada mata.

Hati memiliki fungsi untuk mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dengan menyaring darah dari racun yang masuk melalui saluran pencernaan, kulit, dan sistem pernapasan. Tapi ketika hati terlalu banyak bekerja sebagai akibat dari stres atau paparan berlebihan terhadap racun, kesehatan Anda akan terancam.

Dibawah ini adalah beberapa obat sakit liver :

Temulawak

Ekstrak temulawak bermanfaat sebagai pelindung liver, dan memperkuat sel-sel liver, seta meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak merupakan Obat sakit Liver yang termasuk dalam suku temu-temuan. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasidan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati radang hati. Lebih dari itu, menurut seorang Guru Besar UNPAD, ekstrak temulawak sangat manjur untuk obat sakit liver herbal.

Kunyit

Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen, zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5%, protein, fosfor, kalium, besi,dan vitamin C. Sering kadar total kurkuminoid dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Kunyit juga digunakan sebagai obat sakit liver, obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.

Sambiloto

Sambiloto obat sakit liver. Sambiloto mengandung zat andrographolid. Zat inilah yang menyebabkan atau menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi dan zat andrographolid adalah merusak inti sel tumor dan meningkatkan daya tahan tubuh, daun ini sangat bagus. Selain itu sambiloto juga efektif untuk infeksi dan merangsang fagositosis yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperti bakteri, virus, dan sebagainya yang masuk kedalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai sumber penyakit.

Pegagan

Obat sakit liver pegagan. Pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam, kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vallerine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticosida dan senyawaan sejenis, mempunyai khasiat anti lepra. Pegagan memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside dimana mekanismenya menigkatkan perbaikan dan penguatan sel hati disamping itu pula asiatikoside bertindak sebagai pengangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu fungsi dari Pegagan adalah meregenerasi sel-sel liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel yang sehat.

Daun Sirsak

Manfaat daun sirsak ini, selain sebagai Obat sakit Liver, juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi, mengatasi sakit pinggang, untuk ambeien/wasir dan yang paling menakjubkan adalah bisa menyerang sel-sel kanker dalam tubuh. Bahkan menurut hasil penelitian, menunjukan bahwa daun sirsak mampu menyerang dan mengahncurkan sel-sel kanker, secara selektif memilih target dalam membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya: kanker usus besar, kanker payudara, kanker pankreas dll.

Sakit Liver Dan Cara Mengobatinya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*