Sakit Liver Penyebabnya

Sakit Liver Penyebabnya

Sakit Liver Penyebabnya – Sakit liver adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pengrusakan jaringan hati yang bertahap seiring dengan perjalanan penyakit, yang dapat menyebabkan fibrosis dan sirosis hati. Fibrosis adalah pembentukan struktur seperti jaringan parut yang halus yang menyebabkan pengerasan jaringan dan menghalangi aliran cairan yang melewati jaringan-jaringan ini.
Sakit Liver termasuk penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita. Maka sangatlah penting untuk memahami penyebab dan gejala sakit Liver ini. Kerusakan dan kelainan hati misalnya juga menjadi penyebab sakit Liver. Fungsi hati yang tidak sempurna sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh kita dimana hati bertugas sebagai penyaring darah dan memperbaiki darah yang rusak atau mendaur ulang darah kita, membentuk empedu yang bertugas untuk membantu pencernakan lemak tubuh.

 

Penyebab Sakit Liver
1. Obat atau racun diinduksi-
• Alkohol yang berhubungan dengan penyakit hati atau sakit liver mereka yang mengambil terlalu banyak alkohol lebih lama dari waktu risiko kesehatan hati mereka. Awalnya sel-sel hati membengkak dan mungkin ada kandungan lemak. Kondisi yang disebut beralkohol lemak hati. Setelah itu hati secara keseluruhan adalah inflammed dan bengkak, yang menimbulkan beralkohol hepatitis. Akhirnya adalah parut mengarah ke sirosis hati. Hati kehilangan kemampuannya untuk fungsi dan mungkin gagal yang dapat berakibat fatal. Sakit Liver Penyebabnya
• Obat induced kerusakan hati-obat juga dapat merusak hati. Ini dapat berkisar dari obat-obatan yang umum seperti acetaminophen (demam obat) yang dapat mengakibatkan kegagalan hati dalam overdoses. Beberapa obat-obatan yang menurunkan kolesterol seperti statin dan niasin juga kerusakan hati. Obat-obatan merusak hati lainnya meliputi nitrofurantoin, tetrasiklin, isoniazid (antibiotik) atau metotreksat (obat anti kanker). Beberapa obat herbal juga kerusakan hati. Ini termasuk kava kava, ma huang dll. Banyak jamur juga dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.
2. Infektif-
• Hepatitis a virus-virus ini ditularkan melalui faeces dan air yang terkontaminasi. Meskipun ini menyebabkan kerusakan hati akut, di beberapa individu dapat mengakibatkan penyakit jangka panjang hati. Akut kerusakan hati dapat mewujudkan sebagai sakit liver, penyakit kuning, demam, mual dan muntah. Meskipun ringan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah dan bahkan hati kegagalan.
• Hepatitis b dan c virus menyebar melalui transfusi darah yang terinfeksi, terkontaminasi jarum dan cairan tubuh lain. Jangka panjang infeksi virus ini bahkan dapat menyebabkan sakit liver atau kanker hati. Ada vaksin terhadap hepatitis b tapi tidak ada terhadap hepatitis C.

3. Metabolisme atau penyebab lain
• Non alkohol penyakit lemak hati-terjadi pada individu yang tidak mengkonsumsi, atau sedikit, minum alkohol. Mereka mengembangkan lemak pada hati. Mereka umumnya terjadi pada orang yang gemuk, diabetes, dan memiliki kolesterol darah tinggi.
• Wilson’s penyakit-kondisi ini hasil dari terlalu banyak deposit tembaga di hati. Biasanya hati mengontrol jumlah tembaga dalam tubuh. Wilson’s penyakit ini terganggu. Ini juga merupakan kondisi warisan yang mempengaruhi anak-anak dan mengarah pada sirosis hati dan bahkan kegagalan.
Gejala Sakit Liver
Gejala-gejala sakit liver antara lain kulit anda dan selaput mata anda akan menjadi berwarna kuning. Anda pasti mengenal istilah penyakit kuning. Ini bisa menjadi tanda awal anda terdeteksi terkena sakit liver. Mengapa berwarna kuning? Warna ini muncul karena adanya cairan empedu yang berlebihan dalam darah anda sehingga merubah warnanya menjadi kuning. Anda yang sering muntah dan tidak nafsu makan juga harus mencermati apakah penyebab dari kebiasaan anda ini. Bisa jadi sakit liver sudah ada dalam tubuh anda. Anda akan mudah terserang nyeri yang sangat menyakitkan di bagian kanan atas perut anda. Badan anda akan terasa sangat lemah dan mulai terasa sakit. Urin anda akan berwarna coklat pekat dan jika anda mendapati urin berwarna seperti teh sebaiknya anda benar-benar memeriksakan diri anda ke dokter. Mudah depresi juga menjadi gejala sakit liver ini.

Sakit Liver Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*