Tanda Kerusakan Liver

Tanda Kerusakan Liver

Tanda Kerusakan Liver

Tanda Kerusakan Liver – Hati menjadi organ yang sangat penting untuk kesehatan. Hati berperan sepenuhnya untuk membantu pencernaan dan mengolah semua zat yang masuk ke dalam tubuh. Ketika makan sepotong coklat atau minun segelas kopi, maka hati akan membantu memecah semua komponen dan senyawa dalam makanan atau minuman. Kemudian racun akan dinetralisir oleh liver sementara sari makanan akan diserap oleh tubuh. Jadi semua orang akan membutuhkan liver untuk mendukung kerja organ lain dalam tubuh.

Pada dasarnya liver juga bisa rusak oleh berbagai sebab yang berbeda. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan liver yang berbeda. Namun umumnya kerusakan liver tidak pernah menunjukkan gejala yang terlihat hingga kerusakan sudah parah. Berikut ini beberapa Tanda Kerusakan Liver yang bisa dilihat dari luar tubuh :

 

  1. Organ mata dan kulit mulai menguning

Tanda Kerusakan Liver yang pertama bagian tubuh mulai menguning. Biasanya tidak akan berfungsi baik untuk mengolah makanan yang mengandung zat kuning atau yang sering disebut Bilirubin, akibatnya organ tubuh seperti mata dan kulit secara perlahan akan berubah warna menjadi kuning, tanda lainnya urin serta feses Anda akan lebih keruh dan lebih gelap.

  1. Perut mengalami sakit

Tanda Kerusakan LiverSakit perut memang sering terjadi dan mungkin anda akan mengabaikan hal tersebut dan berpikir hal tersebut karena makanan saja, namun jika anda sering mengalami sakit pertu disertai pembengkakan maka berhati-hatilah sebab itu bisa jadi Tanda Kerusakan Liver Anda atau mungkin liver Anda mulai tak berfungsi secara baik lagi.

Sering lelah, kehilangan nafsu makan adalah Tanda Kerusakan Liver yang selanjutnya, ini sangat berkaitan dengan hepatitis Autoimun atau kondisi tubuh melakukan serangan ke jaringan hati tersebut. Ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak bisa mendeteksi penyakit dalam hati sehingga malah merusak jaringan hati itu sendiri.

  1. Timbul bercak pada sekitar kulit

Selain membuat kulit Anda berubah menjadi kuning, Tanda Kerusakan Liver juga akan menimbulkan bercak-bercak pada kulit Anda. Ini disebabkan oleh hati yang tak berfungsi secara baik untuk mengolah dan menyaring darah. Bercak tersebut bisanya akan lebih banyak muncul pada area dada  Anda.

  1. Bingung

Tanda Kerusakan Liver lainnya juga akan menyebabkan penumpukan zat zat tembaga dalam otak serta darah Anda. Ini biasanya akan membuat anda semakin bingung atau kepikunan. Hal ini biasanya terjadi ketika hati anda mulai rusak parah.

  1. Otot-otot mulai melemah

Tanda Kerusakan Liver yang berikutnya mulai tak berfungsi dengan baik adalah otot Anda akan semakin melemah, pegelangan tangan dan kaki akan mengalami pembekakan, ini diakibatkan karena hati tak bisa mengolah cairan dengan baik sehingga membuat cairan itu tidak seimbang

  1. Pembengkakan limpa

Tanda Kerusakan LiverPembengkakan limpa bisa menjadi Tanda Kerusakan Liver yang sanga serius. Limpa merupakan organ kecil yang terletak di bagian perut atas. Pembengkakan limpa bisa menyebabkan beberapa gejala seperti tubuh yang sangat lemah, rasa nyeri seperti tertusuk pada bagian perut atas, kurang nyaman, tidak bisa makan, selalu mual dan keinginan muntah yang besar. Ketika gejala ini sudah muncul maka bisa menyebabkan penderita kekurangan kebutuhan nutrisi manusia.

  1. Tubuh kurus dan tidak nafsu makan

Tanda Kerusakan Liver yang terakhir adalah tubuh menjadi kurus akibat tidak nafsu makan. Ketika kerusakan liver sudah menyebabkan komplikasi pada beberapa organ lain maka tubuh sama sekali tidak akan menerima makanan dengan baik. Rasa tidak nyaman seperti sakit perut dan keinginan untuk muntah menyerang maka akan mengurangi nafsu makan. Bahkan jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka tubuh akan kekurangan nutrisi, berat badan yang menurun drastis dan fisik yang sangat kurus.

 

Nah itulah beberapa Tanda Kerusakan Liver. Segeralah periksa jika tanda tersebut mulai ada dalam tubuh Anda ya. Mengingat liver memiliki fungsi yang sangat penting,maka lebih baik untuk mencegah semua kerusakan liver sejak dini. Perhatian terhadap semua perubahan kondisi tubuh akan membuat Anda merasa lebih bijak dalam menjaga kesehatan.

 

 

Tanda Kerusakan Liver

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*