Tanda Liver Bermasalah

Tanda Liver Bermasalah

Tanda Liver Bermasalah

Tanda Liver Bermasalah – Hati alias liver merupakan salah satu organ yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Ketika Anda makan sepotong coklat atau minum segelas kopi, maka hati akan membantu memecah semua komponen dan senyawa dalam makanan atau minuman. Kemudian racun akan dinetralisir oleh liver sementara sari makanan akan diserap oleh tubuh.

Gejala liver bisa diketahui dengan kamu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh. Liver atau hati adalah organ paling besar dalam tubuh yang mempunyai banyak fungsi. Salah satu fungsi dari organ hati atau liver yakni mengganti sel tubuh yang rusak/ hilang. Tapi, jika sel-selnya hilang maka, liver tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

Untuk itu, kesehatan liver harus terjaga karena begitu banyak dan penting fungsinya bagi tubuhmu. Ada banyak penyakit liver diantaranya sirosis hati, hepatitis, kanker hati dan lainnya. Penyebab penyakit liver yang paling sering adalah karena infeksi virus. Supaya kamu mengetahui kalau organ liver bermasalah, sebaiknya ketahui beberapa Tanda Liver Bermasalah.

 

Tanda Liver Bermasalah

Pada dasarnya liver juga bisa rusak oleh berbagai sebab yang berbeda. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan liver yang berbeda. Namun umumnya kerusakan liver tidak pernah menunjukkan gejala yang terlihat hingga kerusakan sudah parah. Berikut ini beberapa Tanda Liver Bermasalah yang wajib Anda waspadai:

 

  1. Merasa sangat lelah

Tanda Liver Bermasalah yang pertama adalah merasa sangat lelah. Tanda Liver BermasalahKetika liver sudah tak mampu lagi untuk mengolah serta membuang racun dalam tubuh. Racun menjalar ke darah, jaringan otot dan organ lainnya yang menjadikan metabolisme terhambat sehingga mengakibatkan perasaan lelah yang tak bisa dihilangkan meski sudah beristirahat.

  1. Sering ingin mual dan muntah

Ketika organ hati terganggu, tubuh akan menunjukkan Tanda Liver Bermasalah seperti mual dan muntah yang berulang. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan racun dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan. Nah, untuk menetralisir ini tubuh merangsang rasa muah hingga semua racun dimuntahkan. Apabila kamu sering merasakan muntah tanpa alasan, periksakan diri ke dokter secepatnya.

  1. Sembelit

Liver memiliki peran yang sangat penting untuk pencernaan. Karena proses produksi empedu terhambat bisa menimbulkan sembelit atau susah BAB. Jika sembelit biasa pasti lebih banyak makan makanan berserat dan minum obat pencahar akan sembuh. Tapi, kalau organ liver bermasalah sembelit berlangasung sampai beberapa minggu.

  1. Kadar trombosit yang rendah

Ketika hati mulai mengalami kerusakan dan tidak bisa bekerja dengan baik maka produksi trombosit juga akan sangat rendah. Tanda Liver Bermasalah ini sering menyebabkan kematian mendadak karena pendarahan  dalam yang dialami oleh penderita kerusakan hati.

  1. Perut terasa kembung

Ketika kondisi liver semakin bertambah parah, perut akan terasa kembung dan nampak lebih mengembang. Ini dikarenakan adanya penumpukan cairan hati di dalam perut. Kondisi seperti itu menandakan Tanda Liver Bermasalah dan butuh penanganan tepat.

  1. Kulit dan putih mata menjadi kuningTanda Liver Bermasalah

Tanda Liver Bermasalah juga dapat ditandai dengan perubahan warna kulit dan mata putih berwarna kuning. Perubahan ini kemudian akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah.

  1. Pembengkakan

Pembengkakan pada bagian tangan, kaki dan wajah bisa menjadi Tanda Liver Bermasalah yang cukup serius. Pembengkakan disebabkan karena jaringan tubuh mendapatkan penumpukan cairan yang berlebihan.

 

Itulah Tanda Liver Bermasalah yang harus Anda waspadai. Mulai dari sekarang rawat liver Anda dengan makan-makanan yang bergizi agar liver tetap sehat. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

 

 

Tanda Liver Bermasalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*