Tips Mencegah Fatty Liver

Tips Mencegah Fatty Liver

Tips Mencegah Fatty Liver

Tips Mencegah Fatty Liver – Fatty liver merupakan suatu kondisi dimana hati menjadi bengkak yang disebabkan penimbunan lemak (lipid) yang berlebihan di sel-sel hati. Sel-sel lemak menggantikan sel-sel hati yang sehat sehingga warnanya berubah kuning mengkilat, membesar dan lebih berat dari keadaan normal. Dalam kondisi normal, kadar lemak di hati tidak lebih dari 10% dari berat hati. Di bawah ini ada beberapa Tips Mencegah Fatty Liver untuk mengurangi risiko perlemakan hati antara lain :

 

  1. Turunkan berat badan

Penurunan berat badan secara bertahap dapat dijadikan Tips Mencegah Fatty Liver jika Anda memiliki penyakit hati berlemak dan juga kelebihan berat badan atau obesitas.

 

  1. Olahraga

Terus aktif secara fisik dapat membantu Anda mengurangi berat badan atau memelihara berat badan yang sehat. Olahraga juga memperbaiki sirkulasi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyebarkan lemak ke seluruh tubuh, dan juga memaksa tubuh menggunakan karbohidrat untuk energi alih-alih mengubahnya menjadi lemak tambahan.

 

  1. Batasi gula dan karbohidrat sederhana

Insulin adalah hormon yang menyimpan lemak, Anda harus menurunkan tingkat insulin dalam tubuh jika ingin memulihkan hati berlemak ke kondisi semula. Gula sederhana dan karbohidrat olahan akan meningkatkan insulin dalam tubuh, jadi Tips Mencegah Fatty Liver yaitu Anda harus menghindari keduanya.

 

  1. Makan sayur lebih banyak

Tips Mencegah Fatty LiverSayuran memberi karbohidrat kompleks dan sehat dalam dosis yang lebih kecil dari gandum, sehingga memiliki efek yang kecil pada gula darah dan insulin. Sayur-sayuran bahkan menjadi salah satu Tips Mencegah Fatty Liver karena mengurangi kadar lemak dalam hati dan mengembalikan kemampuan filtrasi organ tubuh.

 

  1. Makan lebih banyak protein

Protein tidak memiliki efek berbahaya pada gula darah atau tingkat insulin. Kalaupun ada, protein dapat membantu agar tingkat gula darah Anda stabil. Protein juga mengurangi rasa lapar, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.  – Tips Mencegah Fatty Liver

 

  1. Konsumsi lemak sehat

Mungkin Anda berpikir bahwa diet rendah lemak akan membantu memulihkan efek hati berlemak, tetapi itu hanya setengah benar. Tips Mencegah Fatty Liver yang tepat yaitu Anda harus menghindari lemak tidak sehat yang terkandung dalam “makanan sampah” seperti keripik kentang dan pizza, tetapi Anda harus memasukkan lemak sehat dalam diet jika ingin tubuh Anda mendapatkan gizi penuh.

 

  1. Tinggalkan alkohol

Alkohol adalah penyebab utama hati berlemak. Bahkan seandainya Anda mengidap penyakit hati berlemak nonalkohol, Tips Mencegah Fatty Liver yang baik yaitu Anda tetap harus mengeluarkan alkohol dari diet atau membatasi dengan ketat. Alkohol menyebabkan inflamasi dan merusak sel-sel hati. Akibatnya, Tips Mencegah Fatty Liverhati menjadi lemah dalam melawan sel-sel lemak dan membiarkan sel lemak tersebut menumpuk.

Penelitian inkonvensional yang dilakukan oleh University of California-San Diego School of Medicine menunjukkan bahwa minum segelas anggur setiap hari dapat mengurangi dan memulihkan hati berlemak nonalkohol. Risiko penyakit hati lebih lanjut bahkan dapat dikurangi setengahnya. Namun ini hanya berlaku untuk anggur, dan tidak untuk jenis alkohol lain. Bir dan minuman keras lain akan meningkatkan risiko kerusakan hati lebih lanjut.

 

  1. Hindari obat-obatan yang tidak perlu

Hati Anda berfungsi sebagai filter. Meskipun banyak obat-obatan tidak berdampak pada hati, tetapi banyak yang lainnya menjadikan hati Anda lemah atau rusak. Tips Mencegah Fatty Liver dengan menghindari obat-obatan tersebut dapat memperlambat atau memulihkan penyakit hati berlemak. Obat-obatan yang diketahui memiliki efek negatif pada hati termasuk obat analgesik (aspirin, ibuprofen), antibiotik, obat gastrointestinal, obat kardiovaskular, agen hipoglikemik, perawatan hormon seks, agen antineoplastik, obat antipsikotik, obat antiepilepsi.   – Tips Mencegah Fatty Liver

 

  1. Gunakan vitamin E

Tips Mencegah Fatty Liver berikutnya yaitu minum kapsul suplemen vitamin E yang cukup untuk memberi Anda 800 IU per hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di Virginia Commonwealth University Medical Center mengindikasikan bahwa vitamin E mengurangi beberapa enzim hati yang umumnya dipercaya meningkatkan penyakit hati. Bahkan vitamin E juga dapat menyembuhkan jaringan parut pada hati.

 

  1. Minum kapsul minyak ikan

Konsumsi 1.000 mg asam lemak Omega-3 tambahan setiap hari. Asam lemak ini dapat diperoleh dari kapsul minyak ikan. British Medical Journal melaporkan bahwa Omega-3 dalam jumlah tersebut dapat mengurangi serum spesifik yang diasosiasikan dengan kerusakan sel hati. Selain itu juga dapat menurunkan tingkat trigliserida dan tingkat glukosa dalam tubuh, sehingga Tips Mencegah Fatty Liver ini dapat mengurangi faktor risiko yang dikaitkan dengan penyakit hati berlemak.

 

 

Tips Mencegah Fatty Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*