Tips Menjaga Kesehatan Liver

Tips Menjaga Kesehatan Liver

 

Tips Menjaga Kesehatan Liver – Hati atau liver merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Hati memiliki peran yang cukup vital, yakni menyaring racun yang terdapat di dalam tubuh. Jika hati tidak berfungsi atau bekerja dengan baik, maka racun juga tidak akan tersaring dengan baik, sehingga hal ini berpotensi mempengaruhi fungsi anggota tubuh yang lain.

Gaya hidup sehari-hari berperan penting menentukan kesehatan liver Anda. Di antaranya, bila Anda gemar konsumsi minuman beralkohol dan berkarbonasi, makanan goreng, merokok, dan makanan berlemak.

Selain faktor itu, orang yang setiap hari mengonsumsi obat juga punya risiko tinggi terkena kerusakan hati. Misalnya, orang yang menderita hepatitis, penyakit kuning, diabetes, di mana setiap hari mereka harus minum obat. Mereka yang berada di lingkungan beracun pun rentan, misalnya hidup serumah dengan perokok. Menjaga kesehatan hati adalah jalan terbaik agar hati bisa berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana tips Menjaga Kesehatan liver ?

Maka dari itu jika anda menginginkan hati sehat, perhatikan tips menjaga kesehatan liver sebagai berikut:

Konsumsi Sayuran

Tips Menjaga Kesehatan LiverTips menjaga kesehatan liver dengan mengonsumsi sayuran. Beberapa sayuran ada yang tepat untuk menjaga kesehatan hati. Bawang dan brokoli adalah sayuran yang sama-sama menyimpan belerang dalam porsi lebih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.

Minum Air Lemon

Tips Menjaga Kesehatan LiverTips menjaga kesehatan liver dengan minum air lemon. Untuk membantu proses detoksifasi hati, buat minuman yang berasal dari air putih dengan campuran air perasan lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Cara membuatnya adalah mencampur air perasan lemon kedalam air putih lalu diminum secara rutin tiap hari.

Pijat

Memang nikmat jika dipijat akibat lelah kerja atau beraktivitas seharian. Sama seperti hati, pijatan di area dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membantu proses peraliran atau sirkulasi darah ke hati dan fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.

Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi

Tips menjaga kesehatan liver dengan mengonsumsi suplemen untuk hati. Penuhi mineral untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti :

  • Magnesium
  • Besi
  • Kalsium
  • Seng
  • Kalium
  • Selenium
  • Sodium
  • Tembaga

Stop konsumsi alkohol

Tips menjaga kesehatan liver dengan tidak mengonsumsi alkohol. Alkohol yang anda konsumsi akan berubah senyawa menjadi partikel racun lebih banyak sehingga hati akan bekerja untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh lebih keras, jika dibiarkan maka fungsi hati akan melemah. Oleh sebab itu batasi alkohol atau kalau bisa hentikan.

Batasi konsumsi makanan tinggi lemak

Tips Menjaga Kesehatan LiverTips menjaga kesehatan liver dengan membatasi makanan berlemak. Hindari makanan cepat saji untuk menjaga liver tetap dalam kondisi baik. Kontrol berat badan secara rutin, karena obesitas, seperti diabetes, bisa jadi pemicu penyakit hati. Perhatikan makanan Anda, jangan menyantap makanan sembarangan. Hal ini bisa mengurangi fungsi hati melalui akumulasi racun dan lemak dalam tubuh.

Melindungi diri terhadap virus hati

Untuk menghindari kontak dengan virus hati, Anda harus mengambil langkah-langkah tertentu untuk memproteksi diri dari benda-benda yang terinfeksi: seks aman, hindari tato, dan memakai narkotika suntik.

Pemeriksaan kesehatan secara teratur

Tips menjaga kesehatan liver dengan memeriksakan diri ke dokter. Seringkali penyakit hati ditemukan secara tidak sengaja atau di saat Anda memeriksaan penyakit lain. Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium setiap tahun untuk mengetahui kondisi hati sekaligus mendeteksi penyakit hati tahap awal.

Perbanyak konsumsi air yang sudah disaring

Tips menjaga kesehatan liver dengan konsumsi air bersih. Air membantu membersihkan hati dan ginjal serta membantu menurunkan berat badan. Sering-seringlah minum air dalam jumlah kecil untuk mencegah pengerutan sel-sel tubuh. Orang-orang yang kurang konsumsi air berisiko lebih besar mengalami kepikunan.

Tips Menjaga Kesehatan Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*