Upaya Pencegahan Penyakit Liver

Upaya Pencegahan Penyakit Liver

Upaya Pencegahan Penyakit Liver

Upaya Pencegahan Penyakit Liver – Penyakit liver hati adalah organ yang berada di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut. Hati berperan penting dalam mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun. Penyakit Liver dapat diturunkan (genetik) atau disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol.

Hati-hati dengan penyakit liver karena dapat berujung pada bahaya / kematian dengan sekejap karena ketika telah mencapai tingkat yang sangat parah akan menimbulkan berbagai keluhan lainnya pada organ vital.

 

Gejala Penyakit Liver

Berikut beberapa tanda atau ciri-ciri seseorang jika mengidap penyakit liver:

  • Kulit dan mata yang tampak kekuningan
  • Mengalami nyeri perut
  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit terasa gatal
  • Warna urine gelap
  • Warna tinja pucat, atau berdarah seperti penyakit wasir
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kecenderungan untuk mudah memar

 

Upaya Pencegahan Penyakit Liver

Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit liver, diantaranya :

 

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Upaya pencegahan penyakit liver yang pertama selalu membiasakan diri dari hal yang paling kecil namun memiliki fungsi dan manfaat yang baik, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kuman yang bersarang pada kulit tangan mati.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal mulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb.

 

  1. Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan pengawet

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi penting dalam tubuh, namun kebutuhan lemak dalam tubuh tetap harus terkendali dan diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya. Bila tubuh banyak menyimpan dan menimbun lemak maka akan berakibat pada penurunan salah satu fungsi organ tubuh dan mudah terserang penyakit. Upaya pencegahan penyakit liver yang baik yaitu hindari atau kurangi makanan-makanan yang banyak menggunakan santan, makanan pedas, makanan yang menggunakan bahan pewaran kimia dan bahan pengawet makanan biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan atau siap saji yang sudah lama pengolahannya.

 

  1. Banyak mengonsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur. Dengan rajin mengonsumsi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Upaya pencegahan penyakit liver dengan mengonsumsi buah sangat dianjurkan tetapi tidak semua buah boleh dimakan oleh penderita. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan hati.

 

  1. Menerapkan dan menyeimbangkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh

Mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat, protein, zat besi dan zat gizi lainnya sangat penting dibutuhkan tubuh juga termasuk dalam upaya pencegahan penyakit liver. Dengan menyeimbangkan kebutuhan akan gizi dan nutrisi dalam tubuh, misalnya ikan, telur, roti, gandum, nasi merah, kacang polong, kacang merah dsb. Tentunya semua itu harus di imbangi dengan gaya hidup, kebiasaan hidup yang baik dengan menghindari kebiasaan buruk.

Satu hal yang paling penting bagi penderita yang terdiagnosa terserang penyakit hati adalah menghindari makanan dengan selera pedas, menghindari makanan yang mengandung rasa masam, hindari penggunaan saus, mengurangi kebiasaan minum air dingin, gorengan dan jenis makanan lainnya.

 

  1. Mengkonsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen tambahan yang aman tanpa efek samping apapun, sebagai salah satu upaya membantu memperkuat sistem imun atau pertahanan diri dan tubuh dari serangan penyakit. Upaya pencegahan penyakit liver yang juga disarankan mengonsumsi suplemen herbal yang dipercaya aman, dan memiliki khasiat terpercaya.

 

  1. Operasi

Jika sudah teridentifikasi atau tervonis mengalami gangguan fungsi hati kronis, dokter akan menyarankan melakukan operasi pembedahan atau transplantasi hati. Namun menurut suatu informasi operasi pembedahan atau transplantasi hati dinilai tak selalu berhasil, kemungkinan buruk yang mungkin terjadi adalah efek samping setelah dilakukan operasi pembedahan dalam kurun waktu yang cukup lama.

 

 

Upaya Pencegahan Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*